Setiap kelompok wajib untuk membuka diskusi seputar desain animasi 3D.
Keaktifan mahasiswa akan masuk dalam penilaian tambahan.
Sebagai balasan Muhammad Ibnu Sa'ad, S.Kom., M.Kom
Re: Tentang blender 3D
oleh FAJAR HARYADI 2043914 -
kami dari kelompok 3 ingin membuka diskusi pada forum ini. dalam aplikasi Blended, penggunaan Numpad sangat membantu dalam memudahkan mendesain 3D. pertanyaannya apa yang menjadi perbedaan mendasar antara desain 3D dari adobe animate dengan Blended ?
Sebagai balasan FAJAR HARYADI 2043914
Re: Tentang blender 3D
Silakan yang lainnya deskripsikan tentang numpad 3D
Sebagai balasan FAJAR HARYADI 2043914
Re: Tentang blender 3D
mungkin karena dalam mendesain 3D, dilihat dari beberapa sudut pandang sehingga pemanfaatan fungsi Numpad dapat memudahkan dalam berpindah sudut pandang dan lebih atraktif bagi desainernya.
beberapa fungsi Numpad tersebut yaitu tombol angka 1 untuk front view/ atau melihat tampak depan, tombol 7 untuk top view/melihat tampak atas.
penggunaan numpad pada aplikasi blender mempermudah pengguna untuk mengubah sudut pandang yang lebih baik walaupun sebenarnya menggunakan mouse untuk mengubah sudut pandang juga bisa dilakukan hanya saja jika menggunakan numpad bisa lebih membantu mendapatkan sudut pandang yang lebih presisi oleh karena itu disarankan untuk pengguna laptop yang tidak ada numpad pada keyboardnya mengaktifkan emulate numpad
Sebagai balasan FAJAR HARYADI 2043914
Re: Tentang blender 3D
mungkin bisa sebagai tambahan beberapa shortcut dengan tombol numpad :
Tombol Numpad 1 untuk view objek dari sisi depan.
Tombol Numpad 2 untuk view objek dengan memutar objek dari bawah ke atas.
Tombol Numpad 3 untuk view objek dari sisi kanan.
Tombol Numpad 4 untuk view objek dengan memutar objek dari kiri ke kanan.
Tombol Numpad 6 untuk view objek dengan memutar objek dari kanan ke kiri.
Tombol Numpad 7 untuk view objek dari sisi atas.
Tombol Numpad 8 untuk view objek dengan memutar objek dari atas ke bawah.
Tombol Numpad 1 untuk view objek dari sisi depan.
Tombol Numpad 2 untuk view objek dengan memutar objek dari bawah ke atas.
Tombol Numpad 3 untuk view objek dari sisi kanan.
Tombol Numpad 4 untuk view objek dengan memutar objek dari kiri ke kanan.
Tombol Numpad 6 untuk view objek dengan memutar objek dari kanan ke kiri.
Tombol Numpad 7 untuk view objek dari sisi atas.
Tombol Numpad 8 untuk view objek dengan memutar objek dari atas ke bawah.
menurut saya perbedaan mendasarnya sebenaranya numpad pada adobe animate dalam proses animasi sangat jarang digunakan walaupun terbantu untuk melakuakn beberapa akses fitur menjadi lebih cepat sedangkan pada blender 3d kita banyak menggunakan numpad untuk mengatur view posisi atau sudut pandang saja pada objek saat mendesain sebuah modelling dan membuat proses animasi, namun di sofware ini jika kita ingin melakukan proses modelling atau animasi pada software blender 3d itu sangatlah wajib sehingga setiap project yang kita kerjakan akan lebih cepat terselesaikan.
Sebagai balasan Muhammad Ibnu Sa'ad, S.Kom., M.Kom
Re: Tentang blender 3D
oleh IBNU HIBBAN 2043001 -
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
selamat malam semua, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat sehingga kita dapat berkumpul pada forum ini. Perkenalkan nama saya Ibnu HIbban ketua kelompok 1. Pada pertemuan kali ini, kelompok kami yaitu kelompok 1 akan membahas tentang Desain Modeling 3D animasi pada blender 3D.
selamat malam semua, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat sehingga kita dapat berkumpul pada forum ini. Perkenalkan nama saya Ibnu HIbban ketua kelompok 1. Pada pertemuan kali ini, kelompok kami yaitu kelompok 1 akan membahas tentang Desain Modeling 3D animasi pada blender 3D.
Teknologi di bidang desain animasi saat ini sangat berkembang dan banyak diminati oleh kalangan milenial. Salah satu bidang yang banyak memanfaatkan animasi adalah pada bidang iklan dan perfileman. Informasi yang disampaikan melalui animasi menjadi sangat menarik dan mudah dipahami oleh audiens. Pembuatan animasi sangat membutuhkan konsentrasi, pemahaman konsep desain serta imajinasi terhadap kontent yang akan dibuat. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan animasi, salah satunya adalah aplikasi Blender 3D. pada umumnya pada sebuah animasi pada umumnya sebelum melakukan proses animasi dimana para animator pastinya membuat sebuah modelling desain untuk animasi terutama pada animasi 3d.
Mempelajari model sangat penting bagi siapa pun yang mencoba menguasai Blender. Sebagai dasar dari segala sesuatu dalam grafik 3D, pemodelan adalah rintangan penting yang harus dilompati oleh setiap para animator terutama para pemula yang ingin mencoba terjun ke desain animasi 3d. Pembuatan 3D Modeling utamanya adalah karena kebutuhan akan visualisasi 3D baik itu berbentuk gambar ataupun animasi banyak dibutuhkan di dunia industri kreatif. Dari sebuah karya visualisasi 3D yang cantik, tentu dasarnya adalah pada objek/3D model nya. Dengan pembuatan 3d modelling dengan Blender seperti karakter, benda benda mati sehingga kita bisa banyak memabantu untuk kebutuhan objek mulai dari animasi untuk game dan film, game assets, visualisasi produk, visualisasi arsitektur, periklanan, motion graphic, concept art, edit video, ilustrasi, logo, Infografis, riset medis dan masih banyak lagi hal-hal yang membutuhkan visualisasi 3D.
Sebagai balasan Muhammad Ibnu Sa'ad, S.Kom., M.Kom
Re: Tentang blender 3D
Contoh modeling 3D
Organic Modeling adalah pemodelan objek-objek organik seperti manusia, hewan, atau makhluk hidup lainnya yang memiliki sudut-sudut tumpul. Model model ini dapat digunakan untuk game 3D, kartun animasi atau bahkan dalam film animasi 3D. Model-model ini dapat memiliki tulang/bone yang dapat membantu dalam menganimasikan model itu sendiri.
Hard Surface Modeling atau yang disebut juga dengan Industrial Modeling merupakan pemodelan di mana objek yang dihasilkan memiliki sudut-sudut tajam seperti meja, kursi, lemari, automotif, atau benda mati lainnya.
Organic Modeling adalah pemodelan objek-objek organik seperti manusia, hewan, atau makhluk hidup lainnya yang memiliki sudut-sudut tumpul. Model model ini dapat digunakan untuk game 3D, kartun animasi atau bahkan dalam film animasi 3D. Model-model ini dapat memiliki tulang/bone yang dapat membantu dalam menganimasikan model itu sendiri.
Hard Surface Modeling atau yang disebut juga dengan Industrial Modeling merupakan pemodelan di mana objek yang dihasilkan memiliki sudut-sudut tajam seperti meja, kursi, lemari, automotif, atau benda mati lainnya.